Jumat, 14 Oktober 2016

My Precious Moment is Healthiness

Kehidupan yang kita miliki saat ini, tidak akan ada siapa pun yang tahu akan berjalan seperti apa dan bagaimana. Semua kenyataan yang akan terjadi di dalam hidup ini, hidup kita atau pun hidup orang lain adalah tabir yang hanya Dia-lah yang tahu. Sebagai manusia yang mengaku sebagai hamba-Nya yang hanya bisa dan dapat kita lakukan adalah menjalani hidup dengan sebaik mungkin. Soal bagaimana akhirnya, mungkin kita bisa memprediksi tetapi tak pernah tahu kebenaran dari prediksi itu. Ada yang pernah mengatakan seperti ini pada saya :


"Dunia itu adalah wahana ujian bagi manusia."

Hidup ini, hidup yang kita miliki atau hidup yang Anda miliki saat ini tidak akan pernah terlepas dari yang namanya suatu masalah. kata-kata mengenai masalah pasti sering kita dengar di acara televisi dan mana pun. kata-kata seperti "Hidup ini pasti tidak akan ada yang lepas dari suatu masalah", "orang yang merasa masih hidup pasti punya masalah" dan lain sebagainya pasti selalu menjadi dialog yang takkan pernah absen menghiasi layar kaca pertelevisian. Yaps, karena memang sejatinya hidup itu demikian. Maka dari itulah kata-kata di atas itu benar adanya. Masalah itu adalah bumbu-bumbu penyedap kehidupan. Mengapa demikian? apa kita pernah memikirkan hidup yang akan kita jalani ini tanpa hadirnya suatu masalah? 

Percaya atau tidak, pasti pada akhirnya semua manusia akan mengeluh bosan. Kemudian merengek kepada Tuhan dengan mengatakan "Tuhan, hidupku gak asyik!!"

Pernah terbayangkah dalam benak kita jika semua orang hidup tanpa semangat, terus-terusan mengeluh karena bosan dengan hidupnya yang selalu datar. Coba bayangkan saja, bagaimana jika seseorang hidup seperti ini ?

Image result for lesuImage result for bosanImage result for menyebalkan

Apalagi fungsinya dunia ini dicipta jika hidup hanya berjalan disitu-situ saja? Maka dari itulah suatu masalah diciptakan untuk dijadikan bumbu penyedap kehidupan. Nah, bicara soal masalah, jika ada suatu pertanyaan yang dilontarkan seperti ini :

"Apa masalah terbesar dalam hidup ini menurut kamu?"

Silahkan jawab masing-masing. Namun bagiku, tidak ada yang namanya besar, sedang atau kecilnya suatu masalah, karena apa? karena ujungnya suatu masalah itu adalah penyelesaian dan penyelesaian itu bergantung pada bagaimana perjuangan kita untuk menyelesaikannya. 

Benar atau tidak, masalah yang tingkat penyelesaiannya itu membutuhkan perjuangan yang keras itu adalah masalah soal penyakit. Saat ini, hari ini, detik ini, sedang ada banyak orang yang sedang berusaha memperjuangkan hidupnya. Contohnya saja para penderita kanker yang masih terus berjuang meskipun terus dikemoterapi hingga orang-orang yang terbaring koma, juga sampai hari ini masih terus ada yang memperjuangkan hidupnya. 

Apa artinya itu semua? 

Sederhana, seperti apa yang dikatakan dalam hadist Nabi Muhammad SAW riwayat Bukhari Muslim:

Tiada seorang mu’min yang ditimpa oleh lelah atau pe­nyakit, atau risau fikiran atau sedih hati, sampaipun jika terkena duri, melainkan semua penderitaan itu akan di­jadikan penebus dosanya oleh Allah” (HR Bukhari-Muslim)

Pada kenyataannya, suatu penyakit itu adalah suatu nikmat. Bagaimana tidak? Di saat semua orang berkata "Kasihan sekali dia!", "Mungkin hidupnya tidak lama lagi." dan lain sebagainya. Namun di sisi lain, orang-orang itu mengabaikan nikmat Tuhan yang diberikan kepada yang punya penyakit tersebut. Tuhan tetap memberikan berkah yang luar biasa bagi hambanya, sekali pun hamba-Nya sedang dalam keadaan tak berdaya. Allah ampunkan semua dosa kita dan Allah juga peduli pada kita sebagaimana yang hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Bukhari Muslim :

 “Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.”

Setiap penyakit itu pasti memiliki obat. Meskipun obatnya itu sangat pahit sekali pun, hal tersebut tetap dinamakan obat. Terkadang mungkin kita merasa, bahwa jika benar semua penyakit itu ada obatnya, mengapa pada akhirnya orang-orang akan meninggal?
Kematian itu sifatnya mutlak. Bahkan Nabi Muhammad SAW yang memiliki kehidupan sangat mulia juga mengalami yang namanya kematian. Setiap manusia pasti akan kembali pada Sang Pencipta. Kita harus memahami hal tersebut dengan baik. Setidaknya ada hal-hal baik lainnya yang akan tidak akan pernah kita bisa untuk memahami. Contohnya saja, bagi orang yang sudah lama berjuang untuk sembuh dari penyakitnya tetapi pada akhirnya berujung pada kematian, artinya orang itu tak lagi mengalami kesakitan yang sungguh menyakitkannya. Keluarganya memiliki sedikit beban keringanan perasaan. Sebab setidaknya, tak lagi perlu ada tangisan dan perasaan penuh harapan yang tak pasti untuk mengharapkan orang tersebut untuk sembuh kembali. Aku memahami hal itu dengan baik. Oleh sebab itu, aku sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih pada orang-orang yang masih terus berjuang mempertahankan hidupnya. 

Berbicara soal suatu penyakit, aku punya momen yang sampai hari ini masih selalu kuingat. Dalam hidupku, aku paling tak suka dengan yang namanya sakit, rasanya jika aku mengalami sakit dunia seolah tidak ada gunanya bagiku. Aku masih bisa bernapas, namun tak bisa melakukan apa yang aku inginkan dan itu rasanya sangat-sangat menyakitkan. Bagiku, momen-momen sakit adalah momen yang paling tidak menyenangkan dalam hidup ini. Ketika kita mengalami sakit, kita pasti akan merepotkan banyak orang, menelan banyak biaya dan lain sebagainya. Pokoknya sesuatu yang sangat tidak menyenangkan itu selalu berkaitan dengan yang namanya sakit. 

Pernah pada hari itu, aku sudah mengalami suatu sakit dalam kurun waktu yang cukup lama. Aku sudah nyaris menyerah. Namun seseorang datang kepadaku dan menasehati dengan hadist-hadist Rasulullah tersebut. Aku tersentuh dan sadar bahwa selama ini aku kurang bersyukur. Aku tidak tahu dengan sakit, Tuhan berusaha menghapus bukit-bukit dosaku yang sudah begitu banyak. Aku lupa bahwa aku manusia yang lebih banyak melakukan kesalahan daripada kebaikan. Aku lupa akan semua hal itu. Orang tersebut kembali berkata begini padaku :

"Jika kamu masih memperjuangkan hidupmu, maka berjuanglah untuk mempertahankannya. Banyak orang-orang yang mengalami penyakit yang bahkan lebih parah darimu tetapi lihat bagaimana mereka? Mereka masih tetap memperjuangkan hidupnya. Lalu mengapa kamu menyerah?"

Kata-kata orang itu, aku tidak pernah melupakannya. Aku masih mengingatnya sampai hari ini. Terbukti, bahwa sampai pada aku bisa menuliskan artikel ini, aku masih tetap bernapas. Dari peristiwa itu aku menyimpulkan bahwa kesehatan itu merupakan sesuatu yang seharusnya aku syukuri dengan sangat. Demikian dengan yang dikatakan Rasulullah dalam hadistnya :


Kesehatan adalah salah satu hal yang sangat berharga di hidup ini. Orang-orang kaya tidak akan menjadi kaya, jika ia tidak sehat. Orang-orang berprestasi tidak akan punya prestasi jika ia tidak sehat. Orang-orang yang bisa melakukan banyak hal tidak akan bisa melakukan banyak hal jika ia tak sehat. Oleh sebab itu kesehatan adalah hal yang sangat penting dalam hidup kita. Berkaca dari kejadian lalu, saya melakukan hal ini untuk dapat sembuh :

  • Banyak beribadah
Image result for ikhlas dalam beribadah
Ibadah merupakan kewajiban yang harus selalu dilakukan. Beribadah dengan taat selalu memberikan banyak manfaat bagi hidup kita. Dengan selalu taat beribadah, kita akan selalu diajarkan untuk bersyukur tiap saat, tak peduli dalam keadaan yang bagaimana, kita tetap selalu akan bersyukur. Beribadah akan selalu membuat kita semakin dekat dengan Tuhan Dengan dekat dengan Tuhan, kita takkan pernah hilang asa meskipun ditimpah berbagai macam pencobaan yang mengerikan. Beribadah membuat hidup kita lebih kian bermakna dan bermakna. Oleh sebab itu, jadikan ibadah sebagai prioritas dalam hidup kita.

  • Makan buah dan sayur teratur
Image result for buah dan sayur
   
Buah dan sayur merupakan yang tidak boleh absen kita makan setiap harinya. Setidaknya meskipun tidak banyak, namun tetap harus kita usahakan untuk tetap memakannya. Tubuh kita ini membutuhkan asupan gizi yang cukup. Kekurangan asupan gizi sedikit saja akan membuat banyak sistem dalam tubuh kita tidak bekerja secara maksimal. Oleh sebab itu, pentingnya memakan buah dan sayur terletak pada hal tersebut. Jadi, kita tak boleh melupakan sayur dan buah untuk kita makan setiap harinya.

  • Suplemen vitamin yang cukup
Image result for minum vitamin
Jika kita tak bisa memakan buah dan sayur secara teratur, maka jangan lupa untuk meminum suplemen vitamin. Suplemen vitamin hendaknya diminum sekali dalam seminggu atau terserah kita saja bagaimana mengatur jadwalnya. Terkadang, tubuh kita ini mudah lelah,letih dan lain sebagainya. Oleh sebab itu dengan meminum suplemen vitamin, kekurangan vitamin pada tubuh kita itu dapat terbantu. Oleh sebabnya, jangan lupa minum vitamin ya?

  • Olahraga harus jadi bagian penting dalam hidup kita
Sebelum tertimpa penyakit tersebut, saya adalah orang yang tidak senang berolahraga. Olahraga adalah sesuatu hal yang sangat tidak penting bagi saya dan kemudian dari situlah saya mulai mengabaikan olahraga dari jadwal saya. Akan tetapi setelah sembuh dari penyakit itu, saya menyadari satu hal, bahwa olahraga itu adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh saya lupakan. Maka dari itu, mulai sejak itu saya mulai membuat olahraga bagian penting dari jadwal kegiatan saya. Terbukti, khasiatnya sangat luar biasa sampai sekarang. 

Image result for jangan lupa olahraga


Kesahatan adalah nikmat yang harus selalu kita syukuri. Dengan cara-cara di atas, saya dapat kembali mengembalikan precious moment dalam hidup saya. 

"Memang benar, bahwa Tuhan menganugerahkan kesehatan agar kita dapat selalu bersyukur."

Diis Yosri

4 komentar:

  1. pengaruh gan, kalo kurang tidur tuh

    BalasHapus
  2. Setuju..kesehatan adalah nikmat yang kadang lupa untuk kita syukuri..kita bisa merasa kalau sehat itu berharga pas kita sedang menderita sakit..suka mb, dengan tulisannya..mengingatkan kita utk tidak lupa bersyukur dan mengingat nikmat2 yang sudah Allah berikan..

    BalasHapus