Minggu, 09 Oktober 2016

Dengan #BatikIndonesia, Ayo Kita Indonesiakan Dunia!!

Sebelum saya berbicara panjang lebar tentang batik, lebih dahulu saya ingin mengucapakan :
"Selamat Hari Batik Nasional tanggal 02 Oktober 2016"
 Dengan menjunjung semangat tinggi nasionalisme, mari kita terus lestarikan batik Indonesia!! Jayalah batik Indonesia!!


well, berbicara soal batik itu artinya kita membicarakan sesuatu yang tidak ada habisnya. Sebab mengapa? Sebab batik merupakan sebuah mahakarya yang tiada hentinya. Orang-orang tidak akan berhenti untuk terus melakukan sebuah inovasi secara kontinyu. Sebut saja, hari ini ada batik model ini baru keluar, besoknya lagi sudah muncul batik model lain dan akan begitu setiap waktunya. Oleh sebab itu saya katakan bahwa batik merupakan sebuah mahakarya yang tiada hentinya. 
right, ketika kita sudah berbicara mengenai batik itu artinya mau tidak mau kita juga harus membicarakan Indonesia. Bagaimana pun orang-orang luar negeri sana, tetap akan mengenal batik Indonesia, bukan batik ini, batik itu dan batik lainnya. Mengapa? Benar atau benar, bahwa setiap kita melakukan kegiatan mengeskpor barang ke luar negeri, kita pasti akan mencantumkan Indonesia bukan? Tujuan kita yang pertama agar untuk lebih mempermudah pengiriman dan yang kedua sekaligus mempromosikan Negeri sendiri. Yaps, apapun ceritanya hubungan antara batik dengan Indonesia akan selalu terjalin erat. Seperti ilustrasi gambar di bawah ini :



+


 =



Kita tidak akan pernah tahu bagaimana dunia saat ini, besok hingga mungkin seribu tahun lagi. Sebab mengapa? Sebab revolusi yang terjadi sangatlah cepat. Dunia sedang sibuk mencipta saat ini. Orang-orang sudah mulai khawatir dengan keadaan bumi yang kian hari kian mendekati hari akhir. Pertanyaan sederhana :

"Di saat negara-negara lain sudah sibuk mencipta, apa yang sedang sibuk dikerjakan negara kita ini?"

Hampir terasa tidak ada. Padahal kenyataanya, semua lapisan tidak berjalan di tempat, semua sibuk mencipta, sibuk berkarya, namun sayangnya masih minim penghargaan yang tak kunjung menjadi sorotan akibat dari tak kunjung selesainya masalah yang penyelesaiannya hanya berkutat di situ-situ saja.

Di saat ekonomi kita merangkak perlahan, teknologi yang juga terus tertinggal, pendidikan yang masih timpang dan permasalahan-permasalahan pelik lainnya. Kita masih tetap memiliki harapan untuk terus berkembang dan bertahan. Pertanyaannya dengan apa?

Tidak lain dan tidak bukan yaitu budaya.

Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Berbagai peninggalan warisan para leluhur kita masih terus berusaha dilestarikan. Dimana salah satu dari warisan budaya tersebut adalah batik. Tak dapat kita pungkiri bahwa batik  memiliki tingkat popularitas yang luar biasa. Berbagai negara di penjuru dunia pasti tahu soal batik. Kalau tidak, mana mungkin UNESCO mau menobatkan batik sebagai warisan budaya milik Indonesia. Dengan begitu dapat ditarik kesimpulan bahwa batik sudah memiliki popularitas yang cukup untuk mengangkat nama Negeri ini lebih tinggi lagi.

Kita sebut saja berbagai macam produk batik sudah mulai jadi trend-setter. Misalnya saja baju batik seperti gambar di bawah ini :


Kita pasti sudah sering lihat berbagai macam model baju batik sudah mulai dikembangkan. Bahkan pedagang yang berdagang baju ini juga semakin lama semakin membeludak. Sampai-sampai mulai berpikir mengaplikasikan batik tidak hanya dalam bentuk baju saja, tetapi juga dalam bentuk lainnya seperti kerajinan tangan dan masih banyak lagi.

Dari trend yang ada saat ini, tidak menutup kemungkinan bahwa batik  akan semakin berkembang ke depan. Tentunya hal itu menjadi kabar baik untuk Negara kita. Jika kita sudah tertinggal lebih jauh dalam aspek ekonomi, teknologi, pendidikan dan lain sebagainya, maka setidaknya kita tidak pernah tertinggal dari segi budaya. Lalu mengapa kita tidak manfaatkan peluang tersebut untuk membuat dunia menjadi sangat Indonesia?

Jika produksi dunia Barat dan dunia Timur bisa kita konsumsi dengan baik, itu artinya mereka juga demikian. Ketika mereka sudah berhasil membuat kita agak ke-ke-an, maka kita juga bisa buat mereka agak ke-Indonesia-Indonesia-an. Dengan apa? Ya dengan apalagi?

Tentu saja dengan batik.

Popularitas yang dimiliki oleh batik  sudah menjadi modal awal yang bagus untuk negara kita mulai mengokohkan pijakannya sebagai negara penuh budaya dan dengan budaya kita itu, kita buat orang-orang luar sana mengapresiasi apa yang kita punya.
source : www.memegen.com

Jangan sampai, apa yang kita miliki itu tidak memiliki arti apa-apa. Sesuatu yang negara ini miliki itu seharusnya dijadikan salah satu "senjata" untuk menguasai dunia. Kita punya, kita bisa dan kita harus melakukan. Melestarikan batik merupakan salah satu cara kita untuk memperkenal diri kepada dunia kalau Indonesia itu punya ciri khas lohh, ini loh ciri khas Indonesia, batik itu kita yang punya.

Mudah bukan?

Batik itu warisan para leluhur kita. Negara Indonesia itu Negeri kaya budaya. So, itu artinya kita punya sesuatu untuk meng-Indonesiakan seluruh dunia. Meng-Indonesiakan dengan apa? Ya, tentu saja dengan batik. Sebab batik adalah warisan para leluhur yang popularitasnya sudah mendunia. 

"Lestarikan batik, lestarikan warisan negeri ini."

Diis Yosri 

1 komentar:

  1. Saya merasa tersanjung dengan artikel ini, karena saya orang pekalongan yg terkenal dengan kota batik hhe
    Top

    BalasHapus